Creative Director Iklan Televisi

Perusahaan advertising pasti membutuhkan yang namanya Creative Director. Tugasnya memberikan pandangan desain branding pada suatu produk dalam bentuk promosi secara professional pada kliennya. Menciptakan branding yang sesuai dengan gambaran dan keinginan klien dan juga produk itu sendiri, juga menciptakan image yang diperlukan atas suatu produk juga menjadi tanggung jawab seorang creative director.

Aspek penting yang diperlukan adalah menerjemahkan keinginan klien melalui strategi komunikasi dan mengembangkan pendekatan secara kreatif yang dikombinasikan dalam sebuah strategi promosi. Selain itu ia juga bertanggung jawab untuk melaksanakan dan menstimulasi ide-ide kreatif dari siapapun yang masuk dalam tim kreatifnya. Biasanya dalam sebuah agen periklanan, timkreatif terdiri dari copywriters dan art directors. Sedangkan dalam sebuah perusahaan desain, teamworknya terdiri atas graphic designers dan computer programmers.

Tanggung jawab utamanya adalah pada hasil akhir dari sebuah pekerjaan kreatif. Karena itulah keberhasilan maupun kegagalan dari sebuah projek kreatif terletak di tangannya. Tak hanya pujian yang bisa didapat namun juga segala kesalahan pun akan dibebankan padanya jika sebuah projek gagal.
Seorang creative director di bidang advertising biasanya merupakan hasil promosi dan keberhasilan dari seorang copywriter ataupun art director atau bisa juga seseorang yang punya kemampuan di kedua bidang tersebut ataupun dapat mengombinasikan kedua kemampuan tersebut. 

Creative Director haruslah mampu tetap kreatif dan mempunyai pemikiran ‘out of the box’ sehingga tetap dapat stay creative dalam menemukan ide-ide baru yang mungkin sebenarnya sederhana namun inovatif dan mengena dengan tema advertising yang dimaksud juga sesuai dengan bujet yang dibuat.

Seorang Creative Director juga perlu punya kemampuan untuk menginspirasi para anak buahnya. Karena sebagai orang kratif bukan rahasia lagi, jika mereka adalah orang-orang yang punya karakter tersendiri, karena itulah seorang creative director tak hanya kreatif dalam mencari ide dan menuangkannya dalam sebuah karya namun juga harus ‘kreatif’ dalam menangani anak buahnya yang notabene adalah orang-orang kreatif juga yang punya karakter tersendiri.
Untuk menjadi seorang creative director memang bukan sebuah posisi dalam semalam, karena dia merupakan langkah dari seorang copywriter ataupun desainer grafis, karena itulah latar belakang komunikasi ataupun desain perlu dipunyai. Seperti misalnya seorang copywriter biasanya berlatar belakang sastra ataupun komunikasi. Namun untuk meraih posisi creative director adalah a later-in-career dari kumpulan pengalaman yang telah terbukti di lapangan. 

BLOGGER INDONESIA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Sugoy Suhendra

DIBUTUHKAN HOST PROGRAM TV