Short Film Advertising - Part 1
Short film
advertising adalah iklan (advertising)
dengan format film pendek (short film).
Artikel tentang iklan format film pendek pernah ditulis oleh Mike Eisenberg, seorang film maker (2010) berjudul
"ShapeShifter’: Are Short Films the Future of Advertising".
Mike Eisenberg mengulas tentang
film pendek ShapeShifter yang menurut Mike merupakan bentuk iklan masa depan,
"In my opinion, we should promote long form, subtle advertising
like ShapeShifter and usher in a new era of intriguing and engaging
commercialism" (Menurut
pendapat saya, kita harus mempromosikan dengan durasi panjang, iklan yang
halus seperti Shapeshifter telah mengantar
era baru periklanan
menjadi lebih menarik).
Artikel lainnya ditulis oleh Bill
Kolbenschlag,
Journalism professor at Kean University
(2014) dengan judul "Are Short Films the Future of Commercials". Bill menulis iklan televisi hampir tidak efektif lagi,
karena orang yang menonton siaran TV mulai berkurang. Sebaliknya, trend bergerak menuju menonton video online. "Orang
dewasa secara online yang menonton
atau men-download video juga telah
berkembang selama empat tahun terakhir, dari 69% pengguna internet dewasa di
tahun 2009 menjadi 78% saat ini," tulis Bill yang dikutip dari Kristen Purcell
( Pew Research Project Internet). Akibatnya para
pemilik brand atau produk dipaksa
untuk membuat konten yang menarik di internet, salah satunya dengan membuat
iklan format film pendek. Salah satu iklan yang dikemas dalam format film pendek yang sukses dan sangat
sensasional saat ini adalah “The Last
Game,” film yang diproduksi untuk mengkomunikasikan tentang sepatu Nike berdurasi 5 menit 28 detik ini menampilkan versi animasi
dari bintang seperti Neymar, Howard, dan Ronaldo, dan berhasil meraih hampir 79 juta viewer YouTube.
Istilah iklan format film pendek memang
hingga saat ini belum baku. Bill Kolbenschlag (2014), dalam artikelnya menyebut iklan format film pendek
sebagai "The Longform Ads", "... Using longform ads also puts
more eyeballs on brands’ videos, according to Robert Smith of Robert Smith
& Associates, an ad agency in Loves Park, Ill." Jason Sondhi (2011), dalam artikelnya
yang berjudul "Truth In Advertising"
menyebut iklan format film pendek sebagai Internet film pendek (internet short film), "...Internet
short film is a remarkable genre,
being 10 years old does not qualify as vintage in most any other category, but
it is the case on the web, and is the case with Truth in Advertising". Sedangkan
Terence Shimp (2007) dalam bukunya
"Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing
Communications, 7th ed,"
menyebut "web films" untuk iklan film pendek yang ditayangkan melalui
media internet "...Another
film-related advertising medium is Web
films. This form of advertising involves producing short films that feature
the advertised brand and are available on the Internet for free viewing. BMW
introduced this advertising genre when in 2000 it presented Clive Owen as “The
Driver” in five films titled Ambush, Chosen, The Follow, Star, and Powder
Keg.31 The Driver appeared in each actionpacked film driving a different BMW
vehicle, all of which served to portray BMW vehicles in the most positive light".
Istilah Iklan Film Pendek (Short Film Advertising) menurut
saya lebih tepat karena dalam produksi iklan format film pendek mengacu pada
prinsip-prinsip atau teori-teori periklanan dan teori film, khususnya film
pendek. Istilah Short Film Advertising juga
digunakan Mike Eisenberg
(2010), dalam artikelnya, "Short
film advertising is fast becoming an art, and one that stirs conversation
when the film is over and the product logo mysteriously appears". Dalam
penelitian yang dilakukan oleh Binia
Kohlepp (International Marketing
Communication Thesis, 2012), yang berjudul "Short Film Advertising. Does Traditional Advertising Theory Still
Apply?" menggunakan istilah film pendek iklan (short film advertising)
untuk menyebut iklan format film pendek.
Lanjut Part 2 ya.....
Komentar
Posting Komentar