Why Advertised?

Kenapa sih harus beriklan? Padahal ada yang bilang "Nggak usah pasang iklan juga barang-barang yang saya jual laku kok." Atau "Nggak usah dipromosiin juga barang saya udah dikenal." Ada juga alasan yang bilang begini, "Nggak ada budget buat iklan."

Well, semua hak para produsen atau penjual untuk memasarkan produknya melalui iklan atau tidak. Kita tidak bisa memaksa. Tapi sekedar berbagi informasi, sesungguhnya iklan memiliki 3 fungsi;
 
1. Fungsi Informasi; yaitu mengkomunikasikan informasi produk, ciri-ciri dan lokasi penjualan. Dalam iklan ini konsumen diberi informasi tentang produk-produk baru. Misalnya Mc Donald yang menginformasikan paket menu terbarunya. Atau Apple yang menginformasikan  iphone 5 sebagai produk terbarunya .

2. Fungsi Persuasif; yaitu iklan yang bertujuan membujuk para konsumen untuk membeli merek-merek tertentu atau mengubah sikap mereka terhadap produk atau perusahaan tersebut. Misalnya iklan TV Cable INDOVISION.

3. Fungsi Pengingat; yaitu iklan tersebut akan tereus menerus mengingatkan para konsumen tentang sebuah produk sehingga mereka akan tetap membeli produk yang diiklankan tanpa mempedulikan merek pesaingnya. Misalnya iklan air mineral AQUA.

Sebenarnya apa sih iklan?
Iklan adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal, seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, atau kendaraan umum. Dan dalam komunikasi global baru, pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru, khusus internet.

Dari pemaparan tersebut, jelas iklan dibuat untuk tujuan memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan konsumen serta calon konsumen pada produk barang atau jasa yang di iklankan.

Dengan jangkauan yang luas, maka akan sangat efektif bila produsen mengiklankan produknya. sebagai contoh iklan motor Yamaha Vixion, dalam iklan tersebut diinformasikan tentang teknologi terbaru dari Yamaha yaitu suplai bahan bakar fuel injection, lebih irit dan mantap, serta kelebihan-kelebihan lainnya.

Seandainya sang produsen tidak beriklan, jelas orang tidak akan tau keunggulan dari produk tersebut.

Apalagi diera globalisasi ini, masyarakat sangat membutuhkan informasi yang cepat tentang barang atau jasa yang dibutuhkan, dengan sekali click berselancar di dunia maya, para calon konsumen mencari informasi tentang barang atau jasa yang mereka butuhkan. Kalau produsen tidak menyikapi evolusi periklanan ini, maka produknya akan sulit dikenal, atau akan tergantikan dengan produk baru yang mampu memberikan informasi, membujuk dan mengingatkan konsumennya.

(sumber "Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global - Monle Lee & Carla Johnson")


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Sugoy Suhendra

DIBUTUHKAN HOST PROGRAM TV