Why Advertised?
Kenapa sih harus beriklan? Padahal ada yang bilang
"Nggak usah pasang iklan juga barang-barang yang saya jual laku kok."
Atau "Nggak usah dipromosiin juga barang saya udah dikenal." Ada juga
alasan yang bilang begini, "Nggak ada budget buat iklan."
Well, semua hak para produsen atau penjual untuk memasarkan
produknya melalui iklan atau tidak. Kita tidak bisa memaksa. Tapi sekedar
berbagi informasi, sesungguhnya iklan memiliki 3 fungsi;
1. Fungsi Informasi; yaitu mengkomunikasikan informasi produk,
ciri-ciri dan lokasi penjualan. Dalam iklan ini konsumen diberi informasi
tentang produk-produk baru. Misalnya Mc Donald yang menginformasikan paket menu
terbarunya. Atau Apple yang menginformasikan iphone 5
sebagai produk terbarunya .
2. Fungsi Persuasif; yaitu iklan yang bertujuan membujuk
para konsumen untuk membeli merek-merek tertentu atau mengubah sikap mereka
terhadap produk atau perusahaan tersebut. Misalnya iklan TV Cable INDOVISION.
3. Fungsi Pengingat; yaitu iklan tersebut akan tereus
menerus mengingatkan para konsumen tentang sebuah produk sehingga mereka akan
tetap membeli produk yang diiklankan tanpa mempedulikan merek pesaingnya.
Misalnya iklan air mineral AQUA.
Sebenarnya apa sih
iklan?
Iklan adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang
sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak
target melalui media bersifat massal, seperti televisi, radio, koran, majalah,
direct mail, reklame luar ruang, atau kendaraan umum. Dan dalam komunikasi
global baru, pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru,
khusus internet.
Dari pemaparan tersebut, jelas iklan dibuat untuk tujuan
memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan konsumen serta calon konsumen pada
produk barang atau jasa yang di iklankan.
Dengan jangkauan yang luas, maka akan sangat efektif bila
produsen mengiklankan produknya. sebagai contoh iklan motor Yamaha Vixion,
dalam iklan tersebut diinformasikan tentang teknologi terbaru dari Yamaha yaitu
suplai bahan bakar fuel injection, lebih irit dan mantap, serta
kelebihan-kelebihan lainnya.
Seandainya sang produsen tidak beriklan, jelas orang tidak
akan tau keunggulan dari produk tersebut.
Apalagi diera globalisasi ini, masyarakat sangat membutuhkan
informasi yang cepat tentang barang atau jasa yang dibutuhkan, dengan sekali click berselancar di dunia maya, para
calon konsumen mencari informasi tentang barang atau jasa yang mereka butuhkan.
Kalau produsen tidak menyikapi evolusi periklanan ini, maka produknya akan
sulit dikenal, atau akan tergantikan dengan produk baru yang mampu memberikan
informasi, membujuk dan mengingatkan konsumennya.
(sumber "Prinsip-prinsip pokok
periklanan dalam perspektif global - Monle Lee & Carla Johnson")
Komentar
Posting Komentar